Mengenal Internet

Sesungguhnya, apakah yang dimaksud dengan Internet? (perhatikan, hurup I ditulis dengan huruf besar!) pada mulanya merupakan jaringan komputer yang dirintis oleh DARPA (Dafence Adfance Research Project Agency), lembaga riset Departemen Pertahanan Amerika.

Jaringan komputer yang semula cukup kecil ini lama-kelamaan berkembang pesat hingga ke seluruh dunia, yang kemudian kita kenal sebagai internet. Jaringan ini sering pula dinamakan sebagai TCP/IP. Karena menggunakan protokol TCP/IP.

JARINGAN INTERNET.
Jaringan Internet merupakan gabungan dari begitu banyak jaringan sederhana. Ada begitu banyak komputer yang tergabung membentuk jaringan sekarang ini.
Bagaimana sebuah jaringan sederhana bisa memiliki koneksi dengan internet? Umumnya sebagai penghubung antara jaringan lokal dengan internet digunakan gateway. Gateway berfungsi sebagai jembatan, penghubung antara komputer-komputer pada jaringan lokal dengan internet.

TCP/IP.
Merupakan singkatan dari Transfer Control Protocol/Internet Protocol. TCP/IP Adalah protokol yang mengatur proses komunikasi antara komputer-komputer jaringan internet.
Fungsi TCP/IP Meliputi pengaturan proses perpindahan data antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Sekarang ini, berbagi komputer yang tergabung dalam internet memiliki sistem operasi dan juga hardware yang berbeda-beda. Untuk memungkinkan komunikasi antara berbagai komputer TCP/IP dibuat.

LAYANAN INTERNET.
Tentunya sudah sering menikmati berbagi layanan yang diberikan oleh internet. Kamu sudah membuka-buka berbagai situs web. Memiliki email sendiri, bahkan senang chatting. Kesemuanya ini merupakan berbagai layanan yang disediakan oleh Internet. Kita akan membahas prinsip pelayanan ini.

BERBAGAI LAYANAN INTERNET.
Apa sajakah berbagai layanan yang ada. Berikut ini berapa layanan yang umum digunakan oleh pengguna Internet:

Www(world wide web).
Layanan Www. Merupakan layanan internet yang paling terkenal. Dengan layanan ini bisa menikmati berbagai situs web didunia. Layanan ini disediakan oleh protocol yang dinamakan HTTP(Hyper Text Transfer Protocol).

Email.
Layanan email merupakan layanan yang memungkinkan kita mengirimkan surat elektronik melalui internet. Layanan ini ditangani oleh SMTP (Simple Text Transfer Protocol).

IRC (Internet Relay Chat).
Layanan ini digunakan ketika melakukan chatting lewat Internet. Dengan IRC kita bisa bercakap-cakap dengan teman yang berbeda ditempat lain.

FTP. (File Transfer Protocol).
Melalui FTP, kita bisa mengirim file-file ke komputer yang amat jauh lewat internet. Kita bisa mengambil file-file dari komputer lain walaupun jaraknya jauh.

TELNET (Remote Login).
Talnet digunakan sebagai mekanisme untuk memasuki komputer lain sebagai pengguna. Ketika kita melakukan telnet ke komputer lain, sebenarnya telah memasuki sistem komputer tersebut sebagai pengguna resmi.

USENET
Usenet merupakan layanan berupa pengiriman email kesuatu grup diskusi yang memiliki topik diskusi tertentu.

Post a Comment

0 Comments