Terimakasih telah mengunjungi Blog SD N LEUWEUNGKOLOT 01 mudah-mudahan bisa bermanfaat>> Info : Selamat datang generasi penurus bangsa siswa baru di SDN LEUWEUNGKOLOT 01 tahun pelajaran 2016/2017, ;>> )>>>SELAMAT MENUNAIKAN IBDAH PUASA

Sunday, 28 August 2011

PAKAR IT DUNIA

Pada suatu pagi di musim dingin tahun 1974, dalam perjalanan mengunjungi sahabatnya Bill Gates, Paul Allen membaca artikel majalah Popular Electronics dengan judul World’s First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models. Artikel ini memuat tentang komputer mikro pertama Altair 9090. Allen kemudian berdiskusi dengan Bill Gates, dan mereka menyadari bahwa era “komputer rumah” akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk komputer-komputer tersebut sangat dibutuhkan. Bill Gates kemudian menghubungi perusahaan pembuat Altair, yaitu MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). image024.jpgDia mengatakan bahwa dia dan Allen, telah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Tentu saja ini adalah bohong. Bahkan mereka sama sekali belum menulis satu baris kode pun. MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Dan hebatnya dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap diimplementasikan dan bekerja sempurna di Altair. Setahun kemudian Bill Gates meninggalkan Harvard, dan bersama dengan Paul Allen mendirikan Microsoft.
image012.jpgKisah berbeda datang dari Jerry Yang, yang pada tahun 1990 menjalani program doktor di Stanford University. Bersama dengan sahabatnya David Filo, mereka lebih menyukai kegiatan surfing di Internet, daripada aktifitas dan penelitian program doktor yang mereka ikuti. Mereka mulai mengumpulkan link situs-situs yang menarik, sampai akhirnya list yang mereka buat telah menjadi terlalu panjang dan terlalu banyak. Mereka kemudian membaginya menjadi banyak kategori dan subkategori. Inilah peristiwa bersejarah yang mengawali lahirlah perusahaan besar bernama Yahoo!. Yahoo merupakan singkatan dari ”Yet another Hierarchical Officious Oracle”. Awalnya, yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Stanford University. Namun, dari obrolan mulut ke mulut, orang mengakses ke Yahoo! menjadi semakin banyak. Mengetahui bahwa orang yang mengakses ke Yahoo! menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo! sebagai bisnis. 
Dua kisah diatas tercatat dalam sejarah bagaimana sebuah bisnis Information Technology (IT) dapat terlahir. Dan masih banyak kisah-kisah lain tentang kesuksesan bisnis IT, yang kadang dimulai dari sesuatu yang sederhana, dari sebuah hobi atau kemampuan kita membaca kebutuhan masyarakat terhadap suatu solusi. Bidang IT termasuk bidang yang unik, karena banyak sekali pebisnis dan tokoh-tokoh IT lahir justru karena kekuatan karakter dan kreatifitas.
Nah, keunggulan yang diperoleh seseorang karena pengakuan dan penghargaan publik terhadap hasil karya, produk, ide dan perjoeangan yang dilakukan adalah merupakan keunggulan defacto. Sebaliknya keunggulan yang diperoleh seseorang karena gelar (degree), sertifikasi (certification) dan pengakuan formal, sering saya sebut sebagai keunggulan dejure. Bisnis dan peluangnya bisa lahir dari keunggulan defacto maupun dejure, dan keduanya bisa saling melengkapi.
image014.jpgBill Gates, Kevin Mitnik, Steve Jobs, dan William Joy, adalah nama-nama yang besar di dunia IT karena keunggulan defacto mereka. Orang mungkin juga lupa bahwa Jerry Yang adalah seorang akademisi yang menguasai dengan baik teori-teori dasar komputasi. Meskipun dia lebih terkenal karena sebagai founder dari Yahoo.Com. William Joy yang lulusan the University of California Barkeley, justru lebih terkenal karena sebagai pendiri dari Sun Microsystems. Bill Gates dan Kevin Mitnik juga memberikan nyata bagaimana keunggulan defacto menjadi sesuatu hal yang dominan dalam terlahirnya sebuah bisnis.
image027.jpgMenariknya fenomena ini juga dikaji secara mendalam laporan khusus Gartner 2006 (Gartner Predictcs 2006 Special Report), meskipun dengan terminologi yang berbeda. Diramalkan bahwa pada tahun 2010 pasar kerja para spesialis IT akan berkurang hingga 40%. Para spesialis (specialist) ini akan digantikan oleh versatilis (versatilist), yang mampu mengkombinasikan kompetensi dan keahlian teknis, dengan pengalaman bisnis dan kemampuan memberikan solusi komprehensif. Dengan degree dan sertifikasi, kita mungkin akan bisa menjadi seorang spesialis dalam suatu bidang (keunggulan defacto). Tapi ternyata ini saja tidak cukup, diperlukan kemampuan verbal, komunikasi memberi solusi dan berhubungan dengan orang lain (keunggulan defacto). Ini yang disebut dengan seorang versatilis, dan versatilis bukanlah generalis yang tahu banyak hal tapi dangkal atau hanya kulit-kulitnya saja.

Sumber :
http://romisatriawahono.net/2006/11/29/jadi-pebisnis-it-siapa-takut/

0 comments:

DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013

PERANGKAT PEMBELAJARAN
KELAS 1
1
SKKD TEMATIK1.doc
2
PEMETAAN SKKD TEMATIK 1.doc
3
JARINGANTEMATIK 1.doc
4
ILABUS TEMATIK 1.doc
5
RPP TEMATIK 1.doc
6
PROMESTEMATIK1.doc
7
PROTATEMATIK 1.doc
8
KKM TEMATIK1.doc

 

PERANGKAT PEMBELAJARAN
KELAS 2
1
SKKD TEMATIK2.doc
2
PEMETAAN SKKD TEMATIK 2.doc
3
JARINGANTEMATIK 2.doc
4
ILABUS TEMATIK 2.doc
5
RPP TEMATIK 2.doc
6
PROMESTEMATIK2.doc
7
PROTATEMATIK 2.doc
8
KKM TEMATIK2.doc
 

 

PERANGKAT PEMBELAJARAN
KELAS 3
1
SKKD TEMATIK3.doc
2
PEMETAAN SKKD TEMATIK 3.doc
3
JARINGANTEMATIK 3.doc
4
ILABUS TEMATIK 3.doc
5
RPP TEMATIK 3.doc
6
PROMESTEMATIK3.doc
7
PROTATEMATIK3.doc
8
KKM TEMATIK3.doc

MUDAH-MUDAHAN BISA BERMANFAAT

KIRIMKAN KOMENTAR ANDA DI BUKU TAMU

Twiter

SELAMAT DATANG DI WEBBLOG RESMI
SDN LEUWEUNGKOLOT 01
KABUPATEN BOGOR

Mangga yang mau Kirim Komentar di Facebook Bisa kirim disini

There was an error in this gadget